Gambaran Umum

Laboratorium Arsitektur Universitas Gunadarma berlokasi di Kampus G Jalan Akses Kelapa Dua Gedung 2 Lantai 2. Lab Arsitektur ini secara umum dibagi menjadi 3 (tiga) bagian berdasarkan semester perkuliahan yaitu:

Jenis Lab

Membawahi Matakuliah

Tangung jawab Operasional

Lab Dasar

Semester 1 – 4.

  • Lab Gambar (Manual & mesin)

  • Lab Sains & Teknologi

Lab Menengah

Semester 5 – 6.

  • Lab Fotografi

  • Lab Komputer Disain

Lab Lanjut

Semester 7 – 8

  • Lab Tugas Akhir

  • Ruang Sidang & Presentasi

Kegiatan di ruang-ruang lab Arsitektur dibagi sesuai kebutuhan pengajaran masing-masing mata kuliah. Pembagian kegiatan yang diwadahi dalam lab arsitektur dapat dilihat pada tabel berikut :


PEMBAGIAN LAB

KEGIATAN

KETERANGAN

LAB

DASAR

Lab (Studio) Gambar Manual

Mengajar dan melatih keterampilan grafis dan disain free hand atau dengan peralatan gambar standar Penekanan pada teknik dasar grafis dan menum-buhkan kepekaan estetis

Lab (Studio) Gambar Mesin

Mengajar dan melatih keterampilan grafis dan disain menggunakan mesin gambar Peningkatan intensitas dan kompleksitas disain

Lab Sains & Teknologi

Mengajar dan melatih keterampilan dalam hal fisika bangunan, struktur konstruksi, teknologi bahan, dan utilitas bangunan Dalam taraf pengembangan baik modul maupun alat.

LAB

MENENGAH

Lab Komputer Disain

Mengajar dan melatih keterampilan grafis dan disain menggunakan komputer Sebelumnya diwajibkan mengikuti matakuliah Komputer dan CAD .

Lab Fotografi

Mengajar dan melatih keterampilan fotografi arsitektur Sebagai pelengkap teknik disain dan presentasi

LAB

LANJUT

Lab (Studio) Tugas Akhir

Mengerjakan proyek tugas akhir dari proposal, survey, konsep, disain, sampai laporan akhir. Lab bersifat eksklusif, dilaksanakan setiap hari selama 6 bulan.

Ruang Sidang & Presentasi

Sidang / presentasi matakuliah perancangan dan preview Tugas Akhir Menggunakan display dan LCD projector

Kemahiran disain dalam Arsitektur sangat terkait dengan kemampuan (keterampilan) grafis. Kemampuan grafis ini berhubungan dengan penguasaan penggunaan alat bantu dan media gambar sesuai dengan kebutuhannya. Tahapan pengajaran teknik grafis arsitektur di lab tiap semesternya dapat dilihat pada tabel berikut :


PENGAJARAN TEKNIK GRAFIS

S E M E S T E R

I

II

III

IV

V

VI

VII

VIII

Menggambar manual (tanpa mesin)

Menggambar dengan mesin gambar

Menggambar dengan komputer